Persiapan Ujian sangatlah penting. Seberapa siap kita untuk menghadapi ujian, menentukan hasil yang akan diperoleh.

Menghadapi ujian sekolah memang dapat menjadi pengalaman yang menegangkan bagi sebagian siswa. Sebab, ujian merupakan salah satu faktor penentu masa depan akademis siswa. Selain itu, tekanan dari orang tua atau teman-teman juga dapat membuat siswa semakin merasa tertekan dan cemas saat menghadapi ujian. 

pic from Canva - Tips Persiapan Ujian Ala Guru SMP Sekolah SoliDEO - SoliDEO Christian School

Dengan membuat persiapan, siswa akan merasa lebih tenang dan siap dalam menghadapi ujian. Berikut adalah 7 Tips persiapan ujian yang direkomendasikan oleh guru – guru SMP Kristen SoliDEO:

7 tips persiapan ujian

1. Buat jadwal kegiatan belajar harian

Supaya tenang dan fokus saat menghadapi ujian, persiapan di awal sangatlah penting. Hal ini dikrenakan, kita tidak mungkin bisa memahami dan menguasai semua materi dalam jangka waktu yang pendek / dengan sistem kebut semalam.
Tips penting dalam membuat jadwal kegiatan belajar adalah dengan membuat skala prioritas, seperti misalnya mulai review dari mata pelajaran yang dirasa paling sulit, atau bisa juga dibuat sesuai dengan jadwal ujian. Hal ini penting, agar kita memiliki waktu cukup untuk mempelajari semua materi yang diujikan.

Canva Pic - gunakan study planner untuk membuat jadwal rencana belajar
2. Beri jeda / take a break time

Selain mengatur skala prioritas, ketika mengatur jadwal belajar, kita juga perlu memperhitungkan waktu istirahat, agar tidak terlalu lelah. Hal ini penting untuk menyegarkan daya ingat. Ketika kita tenang, otak kita akan menjadi lebih efektif dalam menyerap informasi penting yang dipelajari. Selain itu, kita juga perlu menjaga kesehatan dan stamina agar tetap segar dalam menghadapi ujian.

pic from Canva - Atur waktu untuk istirahat sejenak
3. Latihan soal / Drill soal

Latihan soal merupakan tolak ukur, apakah kita sudah benar – benar menguasai materi tersebut atau belum. Ketika berlatih, cobalah berbagai tipe soal. Dengan cara ini, kita jadi akan semakin memahami pola dari materi yang dipelajari, khususnya untuk mata pelajaran eksak seperti matematika, akuntansi, fisika, dll.

Tips Persiapan Ujian Ala Guru SMP Sekolah SoliDEO - SoliDEO Christian School - Berlatih soal secara rutin
4. Gunakan timer

Ketika belajar dan berlatih soal, gunakanlah timer. Dengan menggunakan timer, kita akan menjadi lebih fokus. Selain itu, ujian berkaitan dengan waktu. Kita dituntut untuk menyelesaikan soal ujian dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, dengan berlatih menggunakan timer secara rutin, kita akan mampu memperhitungkan waktu, dan menyusun strategi agar soal ujian bisa terselesaikan tanpa terburu – buru.

pic from Canva - Tips Persiapan Ujian Ala Guru SMP Sekolah SoliDEO - SoliDEO Christian School - gunakan timer ketika belajar - disiplin waktu
5. Pahami materi, bukan dihafal

Menghafal materi, itu akan lebih cepat disimpan otak, tetapi juga akan jadi lebih mudah dilupakan. Sementara, ketika kita memahami materi, maka otak akan mampu mengingatnya dalam jangka waktu panjang.

pic from Canva - Tips Persiapan Ujian Ala Guru SMP Sekolah SoliDEO - SoliDEO Christian School - Pahami materi, bukan dihafal
6. Menulis ulang poin-poin penting

belajar sambil menulis ulang poin – poin penting akan membantu menambah daya serap. bisa juga menggunakan sticky notes warna warni dalam buku pelajaran supaya kita jadi lebih bersemangat.

Pic by Canva - Buat Catatan Penting
7. Belajar di meja belajar

memang enak belajar di kasur menggunakan meja lipat, namun kenyamanan yang berlebihan akan justru membaurkan daya fokus belajar . Karena itu manfaatkan meja belajar ketika belajar ya, supaya kita bisa lebih fokus dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tips Tambahan

Untuk membantu meningkatkan fokus belajar,

  • Pastikan pencahayaan ketika belajar cukup. Gunakanlah lampu belajar ketika belajar.
  • Gunakan musik belajar untuk membantu meningkatkan fokus belajar.
Canva Pic - Gunakan meja belajar dan pastikan pencahayaan bagus

Referensi artikel lainnya: Bad Communication, Kenali Penyebabnya!